JM Penerapan Teknologi Internet Of Think (IoT) Untuk Smart Green House Berbasis Web Server dan Android Controller

Authors

  • Jajang Mulyana Universitas Horizon Indonesia
  • Rifki Burhanudin Baharsah
  • Arif Budimansyah Purba
  • Cepi Indra Grahana

Keywords:

IOT, Internet of Things, Green House, NodeMCU

Abstract

Internet of Things (IoT) merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas Internet yang tersambung secara terus menerus. IoT bisa dimanfaatkan pada Green House untuk mengendalikan peralatan elektronik seperti air cooler dan pompa air yang dapat dioperasikan secara otomatis. Selain itu dengan memonitoring secara real time terhadap suhu udara, kelembaban udara, kelembaban tanah, dan intensitas cahaya yang terdapat di dalam Green House, berbagai tanaman di dalam greenhouse dapat tumbuh dengan optimal. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan NodeMCU ESP8266 sebagai pusat kontrol dan menggunakan DHT11, Soil Moisture, dan LDR sebagai sensor untuk mengukur IoT suhu udara, kelembaban udara, kelembaban tanah, dan intensitas cahaya di dalam Green House. Sebagai kendali di dalam Green House terdapat dua output kendali, yaitu air cooler dan pompa air. NodeMCU akan membaca suhu udara, kelembaban udara, kelembaban tanah, dan intensitas cahaya yang dikirim dari modul DHT11 yang akan menentukan apakah air cooler dan pompa air akan menyala atau tidak. Semua output yang diterima oleh NodeMCU akan dikirim ke server yang sebelumnya diproses pada halaman web yang dibuat menggunakan bahasa PHP. Selanjutnya pada saat output sudah diterima pada alamat web yang dituju maka output tersebut akan dikirm ke database MySQL. Sehingga web dapat menampilkan suhu udara, kelembaban udara, kelembaban tanah, dan intensitas cahaya Green House secara real-time.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kadir, A. (2015). Buku Pintar Pemograman Arduino, Yogyakarta, Indonesia.

Kadir, A. (2015). Arduino, Panduan Mempelajari Aneka Proyek Berbasis Mikrokontroler, Yogyakarta, Indonesia.

Abraham Lono, L. (2016). Smart Greenhouse Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2650 REV 3, Universitas Sanata Dharma, Indonesia.

Fajar Wicaksono, M. (2017). Implementasi Modul Wifi NodeMCU ESP8266 Untuk Smart Home. UNIKOM, Indonesia.

Grunert, J. How to Use a Greenhouse, [Online], Available at : http://garden.lovetoknow.com/wiki/How_to_Use_a_Greenhouse [Accessed, 28 Oktober 2017].

ROL Staff. How to Keep a Greenhouse Going, [Online], Available at : https://www.rodalesorganiclife.com/garden/tending-greenhouse [Accessed, 28 Oktober 2017].

Moore, Sarah. What Is the Ideal Humidity Level for a Greenhouse? [Online], Available at : http://homeguides.sfgate.com/ideal-humidity-level-greenhouse-77050.html [Accessed, 28 Oktober 2017].

Ajie, Sapta. (2016). Mengukur Suhu dan Kelembaban Udara Dengan Sensor DHT11 dan Arduino. [Online]. Available at: http://saptaji.com/2016/08/10/mengukur-suhu-dan-kelembaban-udara-dengan-sensor-dht11dan-arduino/ [Accessed, 29 Oktober 2017].

Jimmy, Mada. (2016). NodeMCU ESP8266 dan papan informasi berbasis MAX7219 [Online]. Available at: http://www.madajimmy.com/artikel/proyek/69-node-mcu-esp8266-dan-papan-informasi-berbasis-max7219.html [Accessed, 29 Oktober 2017].

Nyebarilmu. (2017). Monitoring sensor DHT11 dengan NodeMCU ESP8266 via Browser. [Online]. Available at: https://www.nyebarilmu.com/monitoring-sensor-dht11-dengan-nodemcu-esp8266-via-browser/ [Accessed, 29 Oktober 2017].

Kho, Dickson. (2016). Pengertian LDR (Light Dependent Resistor) dan Cara Mengukurnya. [Online]. Available at: https://teknikelektronika.com/pengertian-ldr-light-dependent-resistor-cara-mengukur-ldr/ [Accessed, 13 Mei 2018].

Hermawanto, Denny. (2016). Algoritma Genetika Dan Contoh Aplikasinya. [Online]. Available at: http://www.firman-its.com/2007/05/17/algoritma-genetika-dan-contoh-aplikasinya/ [Accessed, 13 Mei 2018].

Fauzi, Rahmat. (2015). Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah Dengan Menggunakan Algoritma Genetika

(Studi Kasus : Program Studi Teknik Informatika) (Universitas Darma Persada). Universitas Darma

Persada Jakarta.

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Mulyana, J., Baharsah, R. B., Purba, A. B., & Grahana, C. I. (2023). JM Penerapan Teknologi Internet Of Think (IoT) Untuk Smart Green House Berbasis Web Server dan Android Controller. Jurnal Inovasi Pengembangan Aplikasi Dan Keamanan Informasi Nusantara, 1(1), 45–54. Retrieved from https://journal.edunovationresearch.org/index.php/jipakif/article/view/4